Kamis, 23 Agustus 2012

Perubahan Penglihatan di Usia Senja »

Perubahan Penglihatan di Usia Senja »

Perubahan Penglihatan di Usia Senja
Bertambahnya usia seseorang, terutama ketika ia memasuki usia 40 tahun, berdampak pada menurunnya fungsi penglihatan yang mungkin juga diikuti oleh beberapa penyakit mata secara umum. Hal ini normal terjadi dan tidak perlu diresahkan namun Anda harus tetap melakukan tahap-tahap pencegahan serta rajin memeriksakan mata ke dokter untuk memperoleh penanganan dini.
 
Kondisi Umum
Saat mencapai usia 40 tahun hingga 65 tahun ke atas, masalah penglihatan yang biasanya dialami adalah presbiopia (rabun dekat) atau yang lebih dikenal dengan mata plus. Gejalanya antara lain kesulitan membaca dalam jarak dekat dan bisa diatasi dengan menggunakan kacamata plus atau melakukan operasi. Kondisi lain yang mungkin terjadi antara lain katarak, glaukoma, mata kering, serta diabetic retinopathy atau masalah mata bagi penderita diabetes.
 
Merubah Gaya Hidup
Sejak dini, penyakit mata yang terjadi di usia senja tersebut bisa dicegah dengan mulai merubah gaya hidup yang tidak sehat. Gunakan kacamata hitam dengan lapisan 100% UV protection agar mata terlindung dari sinar matahari yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula. Anda dapat juga menggunakan kacamata berlensa photochromic yang mampu merubah warna lensa menjadi lebih gelap secara otomatis saat terkena sinar ultraviolet.  
 
Jika Anda seorang perokok, mulailah menghentikan kebiasaan ini karena kandungan zat di dalamnya dapat mempercepat terjadinya penyakit mata di usia senja dan memperburuk kerusakan sel-sel optik yang melindungi mata. Kunjungi dokter mata Anda secara rutin untuk melakukan pengecekan serta memantau jika terjadi beberapa gejala penyakit sehubungan dengan menurunnya fungsi penglihatan. 
 
Perhatikan Pola Makan
Pola makan yang sesuai dengan kadar nutrisi baik juga dilakukan untuk mengantisipasi masalah ini. Apabila Anda melakukan diet, pastikan kandungan vitamin, mineral dan anti-oksidan tetap tercukupi bagi kesehatan tubuh dan mata. Makanan segar yang diolah dari daging, sayur dan buah-buahan alami akan jauh lebih baik dibanding makanan yang sudah dikalengkan karena mengandung banyak zat pengawet.  
 
Jika diperlukan, Anda bisa mengkonsumsi suplemen tambahan dari bahan alami untuk mengatasi keluhan mata. Biasanya suplemen yang terbuat dari minyak ikan, buah bilberry, serta yang mengandung zinc dan selenium aman untuk kesehatan mata. Perhatikan pula dosis penggunaan sesuai anjuran agar tidak mengakibatkan efek samping yang membahayakan. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/perubahan-penglihatan-di-usia-senja/254/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.