Kamis, 23 Agustus 2012

Kenali Gejala Photophobia »

Kenali Gejala Photophobia »

Kenali Gejala Photophobia
Secara umum, photophobia bukanlah suatu penyakit tetapi gejala dari berbagai kondisi seperti infeksi dan peradangan. Gejala yang satu ini dapat juga diartikan sebagai sensitivitas yang berlebihan terhadap paparan cahaya seperti sinar matahari, lampu blitz dan tempat-tempat yang sangat terang. Bahkan bagi sebagian orang, cahaya yang sangat sedikit pun bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada mata.
Penyebab Photophobia
Stimulasi yang berlebihan pada sel-sel fotokonseptor di retina yang kemudian dihantarkan pada saraf optik dapat menimbulkan refleks keenganan untuk menerima cahaya sehingga menyebabkan rasa sakit pada mata bahkan ada yang sampai mengalami migrain.
Penyebab lainnya terjadi karena abrasi kornea, uveitis (pembengkakan lapisan uvea), gangguan sistem saraf pusat seperti meningitis, iritasi lensa kontak, terbakar sinar matahari dan operasi LASIK.
Seseorang dengan warna mata terang juga mungkin mengalami kepekaan cahaya yang lebih besar karena warna mata gelap mengandung lebih banyak pigmen untuk melindungi dari silau cahaya.
Penanganan Photophobia
Cara termudah mengatasinya adalah selalu menggunakan kacamata hitam dengan lapisan 100% UV protection saat beraktivitas di tempat terang. Ada baiknya untuk mengetahui penyebab dasar dari photophobia tersebut sebelum mengambil langkah pengobatan lebih lanjut. Dalam kasus akut, beberapa orang disarankan memakai lensa kontak prostetik dengan warna tertentu yang lebih gelap dari warna mata asli. Lensa kontak ini dapat mengurangi jumlah cahaya yang masuk dan membuat mata lebih nyaman. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/5-hal-penting-seputar-sunglasses/320/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.