Kamis, 23 Agustus 2012

Eye Exercise »

Eye Exercise »

Eye Exercise
Beberapa penyebab paling umum dari lemahnya penglihatan adalah gaya hidup kita sehari-hari. Komputer dan televisi dinilai telah berperan besar sebagai pemicu munculnya masalah ini. Mata, seperti bagian tubuh lain, memerlukan latihan dan relaksasi tidak hanya untuk memperkuat namun juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Melalui pemikiran tersebut, pertanyaan yang timbul adalah kapan terakhir kali Anda melakukan eye exercise? Dan jawabannya mungkin hampir atau bahkan tidak pernah sama sekali.
Banyak orang beranggapan bahwa masalah penglihatan hanya bisa diatasi dengan menggunakan alat bantu atau operasi. Mereka juga berpikir bahwa eye exersice tidak akan berdampak cukup signifikan pada kesembuhannya. Eye exercise atau latihan mata secara umum didefinisikan sebagai cara untuk memperbaiki penglihatan secara alami. Meskipun tidak ada bukti ia bisa memperbaiki masalah penglihatan seperti rabun jauh atau rabun dekat, eye exercise berguna untuk meringankan atau mencegah kelelahan mata bagi beberapa orang yang bekerja di depan komputer dan menonton televisi sepanjang hari. 
 
Berikut adalah cara melakukannya: 
1. Duduklah pada tepi kursi dengan punggung lurus. Gosok kedua telapak tangan Anda sampai terasa hangat lalu tutup mata Anda dengan telapak tangan tadi selama kurang lebih 2 menit. Hindari menekan bola mata terlalu keras.
2. Lepaskan telapak tangan Anda dan dengan mata yang tetap tertutup, tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Buang napas dan jatuhkan kepala ke depan secara perlahan lalu putar dari sisi ke sisi. Angkat bahu Anda, kemudian buat gerakan melingkar maju mundur. 
3. Tutup mata Anda erat lalu angkat dan kencangkan bahu sebanyak yang Anda bisa. Tahan selama beberapa detik, lalu buang napas. Setelah itu lepaskan bahu dan buka mata Anda. Ulangi beberapa kali. 
4. Tahap berikutnya adalah dengan berkedip berulang-ulang, sampai mata Anda terasa lembab. Ulangi beberapa kali.
5. Terakhir, bernapaslah secara alami, lalu fokus pada objek jauh sekitar setengah menit. Cobalah untuk tetap fokus, setelah itu berkediplah dengan cepat selama  beberapa kali. Ulangi langkah yang sama untuk objek yang lebih dekat namun waktu fokus sekitar 15 detik lalu berkedip cepat selama beberapa kali. 
 
Dengan melakukan eye exercise secara rutin, Anda dapat meminimalkan kemungkinan masalah penglihatan yang lebih berat dan mata senantiasa terlihat segar. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/eye-exercise/46/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.