Kamis, 23 Agustus 2012

Penyebab dan Penanggulangan Bintitan »

Penyebab dan Penanggulangan Bintitan »

Penyebab dan Penanggulangan Bintitan
Bintitan atau dalam istilah kedokterannya disebut hordeolum bukanlah disebabkan karena kebiasaan mengintip seperti yang sering disebut-sebut dalam mitos. Benjolan kecil pada pinggir kelopak mata ini kerap disertai rasa gatal dan nyeri, yang kemudian dapat bertambah besar layaknya bisul. 
 
Penyebabnya adalah peradangan muara kelenjar pada lapisan kelopak mata atas maupun bawah dimana terdapat produksi cairan yang berguna untuk fungsi air mata dan keringat. Apabila muara kelenjar itu tersumbat oleh kotoran seperti debu, make-up, dan lainnya; maka timbulah bintitan. 
 
Ada pula yang menyebut bintitan diakibatkan oleh infeksi bakteri stafilococcus aureus pada kelenjar-kelenjar di kelopak mata yang harus segera diobati agar tidak terjadi penyebaran infeksi ke kelenjar disekitar kelopak mata. Jika diabaikan, bintitan dapat menimbulkan preseptal selulitis (infeksi akut pada jaringan lunak di kelopak mata).
 
Penanganan pertama pada bintitan adalah dengan memberikan kompres hangat sambil memijit bagian kelopak yang mengalami bintitan, serta pemberian antibiotik oleh dokter pada tahap selanjutnya. Apabila bintitan telah mengacu pada fase akut, harus dilakukan insisi aspirasi atau pembedahan untuk mengeluarkan isinya.
 
Kebiasaan seperti mengucek mata saat tangan kotor adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari, karena kuman yang berada di telapak tangan akan masuk ke dalam mata dan dapat menyebabkan bintitan. Daerah kelopak mata juga harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan debu dan minyak menumpuk. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/penyebab-dan-penanggulangan-bintitan/244/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.