Kamis, 23 Agustus 2012

Arti Mata Berkedut »

Arti Mata Berkedut »

Arti Mata Berkedut
Banyak orang, khususnya di Indonesia, yang mengartikan mata berkedut dengan hal-hal berbau mitos dan takhayul seperti akan terjadi sesuatu yang kurang baik atau mungkin sebaliknya. Apakah Anda benar-benar mempercayai mitos tersebut? 
 
Mata berkedut atau blefarospasme sesungguhnya didefinisikan sebagai kontraksi/kejang yang terjadi secara berulang-ulang pada otot mata (orbicularis oculi) dan berlangsung selama beberapa jam, hari, bahkan minggu. Biasanya kedutan terjadi di bawah mata tetapi tak jarang juga pada kelopak mata atas. 
 
Menurut Burt Dubow, OD, FAAO, pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan bukanlah masalah medis yang serius. Ia dianggap berbahaya jika berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu lama atau gerakannya tidak bisa diobati.
 
Beberapa penyebabnya antara lain:
1. Stres dan kelelahan seperti kelelahan mental dan fisik sehingga membuat otot kelopak mata berkedut secara tak terkendali.
2. Kualitas tidur yang buruk seperti insomnia yang jika dibiarkan akan memicu sakit kepala.
3. Konsumsi kafein dan alkohol berlebih sehingga tekanan pada pembuluh darah meningkat.
4. Mata lelah dan tegang akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.
5. Konsumsi obat-obatan tertentu khususnya yang mengandung antihistamin dan antidepresan.
6. Gizi buruk (kekurangan magnesium)
7. Alergi seperti gatal, bengkak, dan mata berair
 
Mata berkedut biasanya akan hilang dengan sendirinya selama beberapa hari. Jika terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda. Solusi awal saat mengalami kedutan adalah mengompres mata dengan air hangat sambil istirahatkan mata sejenak. Tidur yang cukup, hindari stres, dan perbanyak nutrisi magnesium seperti yang terkandung pada ikan tuna, pisang, beras merah, kacang-kacangan, bayam dan susu. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/arti-mata-berkedut-/200/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.