Kamis, 23 Agustus 2012

Matahari di Mata Anda »

Matahari di Mata Anda »

Matahari di Mata Anda
Ada sebuah pemikiran yang salah mengenai orang berkulit gelap membutuhkan lebih sedikit perlindungan terhadap matahari. Mereka juga dapat terkena mata rusak akibat radiasi ultraviolet (UV) seperti halnya orang yang berkulit terang. Radiasi UV memberikan dampak terhadap setiap orang dengan tidak mengenal usia atau etnik masyarakat dan ini butuh penanggulangan yang serius demi sebuah penglihatan.
Pemaparan dalam waktu singkat dapat mengakibatkan mata terkena ‘sunburn’ (disebut juga Photokeratitis), yang dimana pemaparan dalam jangka panjang terhubung dengan penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan seperti katarak dan macular degeneration.
Meskipun pola-pola penyakit akibat keturunan belum dapat didefinisikan secara pasti, namun perlindungan radiasi UV merupakan sebuah tolak ukur penting untuk pencegahan yang digunakan sebagian orang jika memiliki pola hidup seperti lingkungan, pekerjaan, atau rekreasi dengan adanya paparan sinar matahari.
Anak-anak akan lebih sering menghabiskan waktu di ruangan terbuka daripada usia dewasa sehingga mereka akan terkena tiga kali lebih banyak sinar matahari. Mata mereka yang sedang berkembang akan lebih rentan terhadap adanya sinar matahari seperti halnya warna lensa mata pada anak-anak yang cenderung berwarna putih sedangkan orang dewasa cenderung berwarna kekuning-kuningan dan adanya noda titik.
Noda titik berwarna kuning tersebut berguna untuk menangkal sebagian sinar UV sehingga jumlah sinar UV yang akan masuk ke retina akan semakin sedikit. Sedangkan pada anak-anak, hampir semua sinar UV yang berbahaya akan masuk ke retina. Hal ini berdampak pada banyaknya kerusakan mata yang dialami oleh masyarakat usia muda. Oleh sebab itu, anak-anak juga membutuhkan kacamata sebagai penangkal dan pelindung terhadap adanya sinar UV.
Tips agar mata selalu terlindung dari matahari:
1.    Batasi terkena paparan sinar matahari dari pukul 10.00-14.00
2.    Gunakan topi atau pelindung kepala serta pakaian pelindung lainnya
3.    Oleskan sunblock dengan SPF yang sesuai
4.    Pakailah kacamata yang memberikan perlindungan 100% terhadap radiasi UVA dan UVB
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/matahari-di-mata-anda/315/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.