Minggu, 21 April 2013

Hindari Tertukar, Simpan Softlens Dengan Benar

Hindari Tertukar, Simpan Softlens Dengan Benar

Lensa kontak/softlens tertukar (yang dimaksud, antara untuk mata kanan dan kiri, bukan antar pemilik :-) ) tidak akan terasa berpengaruh bagi pemakai softlens tak berukuran maupun yang berukuran sama untuk mata kanan dan kiri. Kemungkinan untuk tertukar pun sebenarnya sudah diantisipasi dengan pemberian tanda pada wadah penyimpan lensa kontak yang biasanya disertakan pada saat pembeliannya.wadah lensa kontak
Tanda itu bisa berupa letter R (right) dan L (left) di kedua tutup, letter R atau L di salah satu tutup, bahkan ada juga pembedaan warna tutup dan dikombinasikan dengan letter penanda. Namun, faktor kesalahan manusia tetap saja masih membuat kemungkinan untuk tertukar itu tetap ada.
Tips - tips berikut ini bukan sekedar untuk menghindar dari kejadian lensa kontak tertukar, tapi juga untuk menjaga agar lensa kontak tetap nyaman dan aman dipakai.
  1. Untuk pemakai lensa kontak yang berbeda ukuran, sedapat mungkin gunakan wadah penyimpan lensa kontak yang memiliki tanda yang jelas dan mudah untuk membedakan kanan dan kirinya. Wadah penyimpan yang berbeda warna penutupnya serta memiliki letter penanda, bisa jadi pilihan tepat.
  2. Wadah penyimpan yang masih baru, sebaiknya dicuci dengan air hangat dan sabun terlebih dahulu sebelum dipergunakan. Setelah dikeringkan, bilas dengan cara mengisinya dengan larutan perendam softlens, tutup dengan rapat, lalu kocok - kocok. Selanjutnya buang larutan yang diisikan tadi, terus isi kembali. Wadah tersebut sudah siap untuk menyimpan lensa k
http://www.optiknisna.info/hindari-tertukar-simpan-softlens-dengan-benar.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.