Kamis, 23 Agustus 2012

Memilih Eyewear Bagi Anak-Anak »

Memilih Eyewear Bagi Anak-Anak »

Memilih Eyewear Bagi Anak-Anak
Tidak sedikit anak-anak yang memerlukan bantuan visual dikarenakan kebiasaan sehari-hari mereka yang berhubungan dengan membaca, menonton televisi, dan bermain komputer tidak ditunjang dengan pengawasan orang tua terhadap aktivitas tersebut. Sebagai contoh membaca buku dan menonton TV terlalu dekat. Disamping itu, faktor keturunan dari kedua orang tua juga berpengaruh terhadap kemampuan visual seorang anak.  
 
Cara terbaik untuk memastikan apakah anak Anda memerlukan kacamata atau tidak, adalah dengan membawa mereka ke dokter mata untuk melakukan pemeriksaan secara teratur. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa anak Anda tidak akan kehilangan waktu belajar yang sangat berharga karena mereka tidak dapat melihat dengan baik. Tak hanya itu, mata dan otak juga memiliki hubungan yang amat penting bagi perkembangan dan kesejahteraan sang buah hati di masa depan. 
 
Untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami masalah penglihatan, Anda dapat mengamati perilaku mereka seperti di bawah ini sebelum melakukan penanganan lebih lanjut:
 
Sering membaca buku terlalu dekat atau terlihat memicingkan mata saat menonton TV.
Memiringkan, memutar kepala atau menutup sebelah mata ketika melihat suatu benda.
Sering mengalami mata merah atau berair.
Kesulitan melihat dan membaca objek dari jauh, misalnya saat membaca tulisan di papan tulis.
Sering berkedip dan menggosok mata
Sakit kepala 
 
Nah, apabila buah hati Anda diharuskan untuk memakai kacamata, kriteria apa saja yang wajib Anda perhatikan? Perlu diingat bahwa kacamata harus pas benar serta nyaman dikenakan, selain itu ia harus mampu memberikan penglihatan yang lebih jelas dan aman bagi anak-anak.  Beberapa pilihan bahan kacamata terbaik adalah sebagai berikut:
Pilih lensa yang terbuat dari plastik polycarbonate karena lensa jenis ini sangat tahan lama dan tak mudah pecah. Jangan lupa untuk menambahkan lapisan anti-gores.
Untuk bingkai, bahan metal titanium dapat digunakan karena selain kuat, ia juga ringan dipakai.
Jika anak Anda menginginkan bingkai selain titanium, misalnya plastik, Anda dapat memilih frame khusus sport yang dirancang khusus untuk pemakaian sehari-hari sehingga tak mudah patah atau rusak. 
 
Perlu diingat bahwa bahan sekuat apapun tetap akan rusak jika anak tidak dapat menjaga dan menggunakan kacamatanya dengan baik. Anda bisa menggunakan cara kreatif misalnya dengan memberikan tempat kecamata yang menarik agar mereka termotivasi untuk menyimpan kacamatanya dengan baik saat sedang tidak digunakan. 
 
Jika memungkinkan, libatkan anak Anda dapat memilih kacamatanya. Mereka akan merasa jauh lebih baik dan nyaman saat menggunakan kacamata pilihan sendiri. Sarankan pula agar sang buah hati mencoba beberapa frame pilihan sampai mereka benar-benar menemukan yang cocok dengan karakter dan keunikan masing-masing. 
 
Apabila pada awalnya anak merasa kurang percaya diri memakai kacamatanya, yakinkan mereka bahwa kacamata justru membuat penampilan mereka terlihat semakin menarik serta yang terpenting dapat membantu meraih prestasi yang lebih baik di sekolah. Beri hadiah kecil misalnya setiap minggu saat anak mau menggunakan kacamatanya. Dengan demikian mereka akan terbiasa dan menumbuhkan kepercayaan diri untuk pemakaian seterusnya. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.