Kamis, 23 Agustus 2012

Gangguan Penglihatan Saat Kehamilan »

Gangguan Penglihatan Saat Kehamilan »

Gangguan Penglihatan Saat Kehamilan
Banyak yang mengatakan kalau ibu hamil tidak boleh melakukan pemeriksaan mata karena berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Hal tersebut sama sekali tidak benar! Sebaliknya, pemeriksaan mata saat kehamilan sangat dianjurkan karena perubahan hormonal yang terjadi biasanya mengakibatkan beberapa gangguan penglihatan yang harus diantisipasi sejak awal. 
 
Jika seorang ibu hamil menderita diabetes (termasuk diabetes kehamilan), tekanan darah tinggi atau glaukoma, ia akan sangat mungkin mengalami gangguan penglihatan selama kehamilannya. Kasus yang biasa terjadi misalnya: 
1. Mata kering, menyebabkan rasa tidak nyaman saat memakai kacamata atau lensa kontak.
2. Pembengkakan kornea, menyebabkan sulit menggunakan lensa kontak tapi akan mereda setelah melahirkan atau menyusui.
3. Adanya titik hitam pada penglihatan
4. Sensitif terhadap cahaya bahkan ada yang sampai menyebabkan migrain.
5. Perubahan ukuran minus, silinder, atau plus sehingga pandangan agak kabur.
 
Ingatlah bahwa tindakan ibu hamil selama kehamilannya dapat berpengaruh terhadap penglihatan bayi dalam kandungan. Bayi dari ibu yang merokok, minum minuman beralkohol, atau menggunakan obat-obatan selama kehamilan dapat beresiko terkena mata malas (amblyopia) yaitu gangguan refraksi pada saraf penglihatan sehingga mata tidak berfungsi dengan baik, mata juling (strabismus), dan gangguan refraksi lainnya.
 
Berkonsultasilah dengan dokter ahli mata agar pengobatan bisa dilakukan secara tepat dan efektif. Jangan mengkonsumsi obat-obatan tanpa saran dari dokter dan jaga kondisi tubuh dengan asupan gizi yang seimbang, olahraga untuk ibu hamil, dan hindari makanan yang mengandung gula dan garam berlebihan bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/gangguan-penglihatan-saat-kehamilan/184/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.