Kamis, 23 Agustus 2012

Penyebab Lensa Kontak Tidak Nyaman Dipakai »

Penyebab Lensa Kontak Tidak Nyaman Dipakai »

Penyebab Lensa Kontak Tidak Nyaman Dipakai
Sekalipun perkembangan lensa kontak telah dibuat dengan teknologi modern dan mengutamakan kenyamanan penggunanya, ternyata masih saja ada sebagian orang yang merasa kurang nyaman saat memakainya. Jangan buru-buru beranggapan bahwa menggunakan lensa kontak itu menakutkan dan tidak aman bagi mata. Kenali dahulu beberapa penyebab umum ketidaknyamanan pada lensa kontak Anda.
 
Contact Lens Fitting
Sama halnya seperti membeli pakaian atau sepatu, Anda harus tahu betul ukuran yang pas agar nyaman dikenakan. Tidak semua ukuran lensa kontak cocok dengan semua bentuk mata. Yang dimaksud ukuran disini adalah diameter lensa kontak, kelengkungan dasar, kadar air, ketebalan, hingga kadar oksigen. 
 
Lensa kontak yang tidak pas dengan bentuk mata akan sering bergeser sehingga tidak nyaman dipakai. Bahkan apabila dibiarkan dapat menyebabkan lecet pada kornea. Karena itu, cobalah untuk melakukan pemeriksaan mata oleh optician yang berpengalaman di Optik Melawai untuk mengetahui ukuran yang paling sesuai dengan bentuk mata Anda. 
 
Kesalahan Perawatan Lensa Kontak 
Lensa kontak harus secara rutin dibersihkan setiap kali pemakaian untuk menghilangkan timbunan lemak dan protein, kecuali jika Anda menggunakan lensa kontak harian. Jangan menggunakan lensa kontak yang telah lewat masa pakainya atau dipakai semalaman melebihi 12 jam. 
 
Bersihkan lensa kontak hanya dengan solution, bukan dengan air kran, dan ganti solution Anda jika sudah melebihi tanggal berlakunya. Cuci tangan sebersih mungkin sebelum memasang dan melepas lensa kontak,serta hindari dari kuku agar lensa kontak tidak robek atau bahkan kuku melukai mata. Hati-hati saat menggunakan bahan kimia seperti kosmetik mata dan hairspray yang mungkin bisa mengenai lensa kontak.
 
Mata Kering
Penyebab ketidaknyamanan ini bisa diakibatkan oleh lamanya mata menatap komputer, asap rokok, polusi, kafein, alkohol, dan pengaruh obat-obatan. Anda bisa mengatasinya dengan meneteskan tetes mata khusus bagi pengguna lensa kontak untuk melembabkan kembali mata yang kering.
 
Debu dan Alergi
Lingkungan berdebu bisa menyebabkan alergi pada mata sehingga lensa kontak yang dipakai terasa kurang nyaman. Bersihkan lensa kontak secara berkala saat mata terasa gatal oleh debu dengan cairan solution atau gunakan lensa kontak harian sekali pakai yang lebih praktis. 
 
Kondisi Medis Lainnya
Jika Anda menderita gejala sakit mata seperti bengkak dan infeksi, ada baiknya untuk menghentikan terlebih dahulu pemakaian lensa kontak sampai mata benar-benar sehat. Lakukan perawatan sesegera mungkin karena infeksi mata yang tidak diobati akan berpotensi terjadinya goresan pada kornea dan kehilangan penglihatan permanen. (TR) 
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/penyebab-lensa-kontak-tidak-nyaman-dipakai/171/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.