Senin, 23 Juli 2012

Retinoblastoma

Retinoblastoma »

Retinoblastoma
Retinoblastoma adalah tumor ganas yang terdapat pada retina (lapisan peka cahaya pada mata) atau biasa disebut juga dengan penyakit kanker retina. Penyakit kanker retina ini biasa menyerang anak-anak usia di bawah usia 5 tahun. Pemicunya adalah faktor genetik dan infeksi virus yang terjadi ketika ada kelainan gen pada kromosom yang bermutasi dan pada akhirnya membentuk tumor.
 
Gejalanya adalah timbul bercak putih di bagian tengah mata atau retina dan membuat mata seolah-olah bersinar bila terkena cahaya, kelopak mata menurun dan pupil melebar serta penglihatan pun terganggu. Pada stadium akut, mata bahkan akan tampak menonjol. Jadi apabila terlihat tanda-tanda seperti mata merah, berair, bengkak, walaupun sudah diberikan obat mata dan pada kondisi gelap terlihat seolah bersinar seperti kucing, ada kemungkinan seseorang terindikasi penyakit ini.
 
Diagnosis lebih lanjut dapat dilakukan dengan pemeriksaan sederhana menggunakan lampu senter dan oftalmoskop di rumah sakit. Apabila ditemukan kelainan, penderita harus segera diperiksakan ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan CT Scan, USG atau MRI. Penanganan terlambat selain dapat menimbulkan kebutaan juga menyebabkan sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain seperti sumsum tulang dan otak.
 
Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk penanganan penyakit ini antara lain dengan menggunakan sinar laser untuk menghancurkan tumor, pemberian obat melalui aliran darah untuk membunuh sel kanker, radiasi sinar eksternal untuk menghancurkan sel kanker, hingga pengangkatan bola mata pada penderita stadium akut. (MS)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/retinoblastoma/470/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.