Senin, 09 Juli 2012

Jaga Mata Anda Saat Cuaca Panas

Tanti Yulianingsih
29/05/2012 07:13 | Kesehatan
Liputan6.com, New Delhi: Mata adalah jendela dunia. Melalui mata semuanya terasa indah. Untuk itu, meski cuaca panas, jangan remehkan kesehatan mata Anda. Sebab, mata yang tidak dijaga pada kondisi tersebut dapat mengalami kekeringan hingga iritasi. Berikut beberapa cara untuk menjaga mata Anda selama musim panas versi Times of India.

1. Jangan lupa untuk menggunakan kacamata jika ingin berada di luar ruangan. Kenakanlah kacamata hitam yang menutupi sedikit pelipis agar mata Anda terlindung dari sinar ultra violet yang berbahaya, debu, sinar matahari, dan juga asap.

2. Percikkan air dingin pada mata Anda setidaknya tiga kali dalam sehari. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan partikel debu yang masuk ke mata karena paparan sinar matahari dalam waktu lama.

3. Jangan mengucek mata dengan tangan yang kotor. Hal ini bisa memperburuk alergi pada mata dan dapat menyebabkan timbulnya benjolan pada mata akibat bakteri.

4. Jika mata Anda menderita alergi, pastikan untuk tidak duduk di depan AC secara langsung.

5. Penting bagi para pengguna lensa kontak untuk membatasi penggunaan alat bantu lihat itu jika berada di lingkungan berdebu.

6. Ketika merasakan gatal di sekitar mata atau alergi, hindari untuk menggunakan make-up pada bagian mata. Selain itu, jangan upa untuk menghapus semua make up sebelum tidur agar tak terjadi iritasi.

7. Ketika cuaca panas, Anda sebaiknya banyak minum agar terhindar dari dehidrasi. Hal tersebut juga dapat membantu proses tak langsung pada pembentukan air mata.

8. Jika memungkinkan, gunakanlah tetes mata secara teratur. Pastikan obat tetes yang Anda gunakan telah dikonsultasikan dengan spesialis mata.

9. Jika mengalami gangguan atau sekadar mengecek kesehatan mata, ada baiknya jika Anda mengunjungi spesialis mata setidaknya sekali dalam dua pekan.(BOG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.