Rabu, 11 Juli 2012

Kenali Gejala Floaters dan Flashes »

Kenali Gejala Floaters dan Flashes »


Waspadalah saat Anda merasakan adanya bintik hitam yang melayang pada bagian dalam mata, atau bahkan terlihat kilatan cahaya pada malam hari dan di ruangan gelap. Bisa jadi Anda terkena gejala ‘floters’ dan ‘flashes’.
Floaters terkait dengan degenerasi atau penuaan vitreous (lapisan seperti jelly pada rongga mata) yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Saat itu vitreous terlepas dari retina sehingga tampak seperti benda yang melayang di mata si penderita. Peristiwa ini dikenal juga dengan sebutan Posterior Vitreous Detachment (PVD). Hal ini bisa merupakan kejadian normal yang tidak perlu dikhawatirkan. Ia perlu dikhawatirkan jika tiba-tiba menjadi banyak atau bertambah dengan cepat, terkait dengan PVD. 
Sementara flashes yang terlihat seperti kilatan cahaya, disebabkan karena terjadinya gesekan cairan vitreous atau tertariknya lapisan retina. Meskipun tanpa rasa sakit, gejala ini menandai adanya kelainan ablasi retina yang beresiko buta.
Penanganan
Kenali Gejala Floaters dan FlashesFloaters dapat terlihat secara bersamaan dengan flashes. Jadi jika Anda mengalami gejala flashes, harus segera konsultasikan ke dokter mata karena ablasi retina memerlukan penanganan cepat untuk menyelamatkan penglihatan. (TR)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.co.id/eye_info/kenali-gejala-floaters-dan-flashes/1126/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.