Rabu, 11 Juli 2012

Alice In Wonderland Syndrome »

Alice In Wonderland Syndrome »

Alice In Wonderland Syndrome
Film animasi Alice In Wonderland produksi Walt Disney mengisahkan seorang gadis yang masuk ke lobang kelinci dan masuk ke dunia ajaib. Di dunia ini benda akan tampak kecil atau pun besar. Dalam dunia medis pun ada istilah Alice In Wonderland Syndrome (AIWS) atau mikropsia. 
Mikropsia adalah kondisi disorientasi neurologis dimana seseorang mengalami distorsi lengkap yang mempengaruhi persepsi realitas mereka. Hal ini terjadi adanya kerusakan saraf pada otak yang menyebabkan penglihatan terganggu. Penderita AIWS tak pandang usia, anak-anak dan orang dewasa dapat mengalaminya. Seorang psikiater asal inggris yaitu John Todd meneliti sindrom ini dan dipercaya bahwa sang penulis novel, Lewis Carrol, menderita sindrom ini sehingga ia menciptakan karyanya ini.

Gejala 
Orang yang menderita AIWS pada umumnya melihat benda dengan ukuran dan bentuk yang tidak normal. Selain perubahan dalam penglihatan, si penderita juga merasakan perubahan waktu yang terasa lambat atau cepat, perubahan sentuhan dimana benda yang disentuh berbeda seperti tanah akan mereka rasakan menjadi empuk dan perubahan suara pada mereka.

Penyebab
Sindrom ini di kaitkan atau disebabkan dengan beberapa penyakit yaitu :
•    Migrain
•    Temporal lobe Epilepsy yaitu penyakit epilepsi yang menyerang otak
•    Virus Epstein-Barr yaitu virus yang dapat menyebabkan infeksi mononucleosis

Pengobatan
Sejauh ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan AIWS namun biasanya para penderita meminum obat anti migrain sebagai pilihan. Namun ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak terkena sindrom ini seperti hindari makan coklat, anggur merah dan keju secara berlebihan, menjaga pola tidur yang teratur, jangan terlalu lelah bekerja dan hindari keluar malam. (NP)

Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.co.id/eye_info/alice-in-wonderland-syndrome/827/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.