Senin, 23 Juli 2012

Mendeteksi Penyakit Lewat Mata »

Mendeteksi Penyakit Lewat Mata
Mata, selain sebagai indera penglihatan ternyata dapat juga mendeteksi kesehatan tubuh. Penyakit apa saja yang dapat dideteksi melalui mata? Diabetes, stroke, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan multiple sclerosis (peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang) adalah beberapa diantaranya.
 
Kualitas darah yang berubah pada saat seseorang terserang penyakit tertentu, dapat terlihat melalui retina atau lapisan paling tipis dan mengandung banyak pembuluh darah. Selain itu, arteri retina yang mengalami penyempitan oleh kolesterol dapat menghambat sambungan antara saraf optik dan otak. Jika hal ini terus menerus dibiarkan akan menimbulkan gumpalan darah dan mengakibatkan kehilangan penglihatan tanpa rasa sakit secara tiba-tiba.
 
Saraf optik yang mengalami pembengkakan dan terdapat darah di mata bisa menjadi indikasi dini adanya tumor otak. Sedangkan saraf optik yang pucat dan bengkak menunjukkan adanya multiple sclerosis. Diabetes juga bisa dilihat dari melemahnya sistem penglihatan.
 
Secara umum, mata yang terlihat kusam menunjukkan kondisi tubuh yang tidak sehat sedangkan mata yang terang dan bersih menunjukkan kondisi kesehatan yang baik. Oleh sebab itu pemeriksaan mata secara teratur sangat penting dilakukan, bukan hanya untuk melihat keadaan mata, tetapi sekaligus memeriksa kondisi kesehatan secara keseluruhan. (MS)
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.