Minggu, 21 April 2013

[Lanjutan] Lensa Minus Kok Cembung, Harusnya Kan Cekung?

[Lanjutan] Lensa Minus Kok Cembung, Harusnya Kan Cekung?

Di artikel yang ini, sudah dibahas dan dibuktikan bahwa meskipun lensa kacamata dibuat [nampak]cembung, ia juga tetap bisa berukuran minus sebagaimana lensa konkaf (concave). Bentuk lensa seperti itu disebut lensa konfek-konkaf, yaitu lensa yang memiliki permukaan cembung dan cekung (ingat-ingat lagi pelajaran fisika tentang lensa, ketika SLTA). Lensa-lensa untuk kacamata, kebanyakan menerapkan bentuk seperti itu.
lensa konfek-konkaf
Ada beberapa alasan mengapa bentuk lensa kacamata dibuat seperti itu.
  1. Untuk membuat agar lensa lebih mampu menahan tekanan/benturan yang datangnya dari arah depan kacamata. Yang faham dengan teknik konstruksi mungkin akan mudah memahami alasan ini. Namun, bagi yang kurang faham, boleh praktekkan percobaan sederhana dengan penggaris/mistar plastik tipis yang diilustrasikan berikut ini.
    lurus dan melengkung
    Dengan memahami penjelasan alasan ini, tentunya juga akan memaklumi bahwa lensa kacamata yang terlihat rata akan lebih mudah pecah dibanding lensa kacamata yang tampak melengkung/cembung.
  2. Untuk menjaga agar vertex distance (jarak antara permukaan[belakang] lensa ke kornea) tidak banyak berubah ketika mata melirik, terutama ke kanan dan ke kiri.
    kestabilan vertex distance
    Perubahan jarak tersebut akan merubah ketajaman bayangan/gambar yang terbentuk di retina mata, sehingga dengan demikian juga akan mengganggu ketajaman penglihatan.
  3. Untuk memberi tambahan jarak agar bulu mata tidak menyentuh permukaan belakang lensa. Selain dapat membuat kurang nyaman, permukaan belakang lensa akan menjadi kotor oleh sentuhan bulu mata yang basah oleh keringat atau minyak.
Meskipun memiliki beberapa kelebihan seperti di atas, lensa kacamata yang dibuat dengan bentuk konfek-konkaf akan cenderung lebih tebal dari pada yang berbentuk plan-konkaf, plan-konfek, bi-konkaf, ataupun bi-konfek. Karena itu, lensa kacamata yang berukuran dioptri tinggi (>6,00 D) biasanya tidak akan dibuat dengan bentuk tersebut. Lensa minus tinggi akan dibuat dalam bentuk plan-konkaf atau bi-konkaf, sedangkan lensa plus tinggi akan dibuat dalam bentuk plan-konfek atau bi-konfek.

http://www.optiknisna.info/lanjutan-lensa-minus-kok-cembung-harusnya-kan-cekung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.