Minggu, 21 April 2013

Jenis - jenis Lensa Kacamata (2)

Jenis - jenis Lensa Kacamata (2)

B. Menurut indeks bias bahan.
Indeks bias adalah nilai yang menunjukkan kemampuan pembiasan suatu media bila dibandingkan dengan udara. Pembiasan itu sendiri terjadi akibat perubahan kecepatan cahaya ketika melewati 2 media yang berbeda. Di kalangan praktisi dan pelaku usaha optik, nilai indeks bias ini sering dikaitkan dengan ketebalan lensa kacamata. Semakin tinggi nilai indeks biasnya, akan membuat lensa kacamata menjadi lebih tipis.
Dulu, sebelum marak pengaplikasian bahan berindeks bias lebih besar dari 1,6 untuk lensa kacamata, hanya dikenal 2 kategori indeks bias lensa kacamata, yaitu:
Indeks Normal/Standar.
Adalah kategori indeks bias yang merupakan standar paling rendah. Untuk lensa mineral/kaca, indeks biasnya adalah 1,523, sedangkan untuk lensa organik/plastik adalah 1,49.
Indeks Tinggi/Hi-Index.
Adalah lensa yang memiliki indeks bias bahan sebesar 1,6, untuk lensa mineral sedang untuk lensa organik 1,56.
Beberapa tahun belakangan ini, muncul beberapa produk lensa kacamata yang oleh produsennya diklaim memiliki indeks bias 1,7, 1,8, bahkan ada yang 1,9 sehingga standar untuk kategori Hi-Index menjadi harus diperbarui. Saat ini, wiraniaga optik umumnya masih menyebut Hi-Index untuk kategori lensa mineral/kaca yang berindeks bias 1,6 (1,56 untuk lensa plastik), sedangkan untuk indeks bias yang lebih tinggi biasanya lebih suka dengan menyebutkan nilai indeks biasnya secara langsung.

http://www.optiknisna.info/jenis-jenis-lensa-kacamata.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.