Rabu, 06 Maret 2013

LASIK
Bagi anda yang ingin tampil mempesona tanpa kaca-mata atau lensa kontak, saat ini dengan tindakan LASIK (Laser in Situ Keratomileusis) impian tersebut dapat terwujud. LASIK adalah prosedur mutakhir dengan penyinaran laser dingin untuk mengoreksi gangguan refraksi, rabun jauh (miopia), rabun dekat (hipermetropia) dan silinder (astigmatism). Setelah anda menjalani tindakan lasik, anda tidak lagi membutuhkan bantuan kaca-mata atau lensa kontak untuk dapat melihat dengan jelas.
LASIK Tanpa Pisau Bedah Lebih Aman dan Nyaman
Anggapan masyarakat bahwa LASIK harus selalu menggunakan pisau bedah memang membuat banyak orang ragu untuk menjalani prosedur LASIK. Kini Anda dapat membuang jauh-jauh bayangan menyeramkan sebuah pisau bedah tajam mengiris-iris mata Anda, karena dengan teknologi terbaru Intralase MethodTM dan Allegretto Wave, operasi LASIK menjadi jauh lebih nyaman dan aman.
Intralase11 LASIK

Mesin Intralase yang dimiliki Jakarta Eye Center

Teknologi Intralase MethodTM
Secara medis, Intralase MethodTM adalah teknologi sinar Laser intralase yang digunakan untuk menciptakan flap kornea dengan pendekatan 100% bebas pisau bedah. Pada awalnya LASIK dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut Microkeratome, yang sebenarnya adalah pisau yang berfungsi menciptakan flap kornea. (Lihat Video LASIK Tanpa Pisau Bedah)
Dengan Intralase dan Z-LASIK MethodTM, pembuatan flap dapat dilakukan tanpa harus menyentuh kornea mata sama sekali. Hasilnya ketebalan flap lebih akurat dan konsisten, dan tidak ada jaringan atau lapisan kornea yang terbuang. Pembuatan flap dengan sinar laser memberikan hasil yang tidak saja lebih akurat dan konsisten, tapi juga terbukti dapat mengurangi resiko yang ditumbulkan oleh teknologi terdahulu Microkeratome.
Teknologi Intralase dan Z-LASIK MethodTM juga memberikan hasil visual yang mengesankan. Bagi penderita gangguan mata refraksi seperti rabun jauh (miopia), rabun dekat (hipermetropia), dan silinder (astigmatism), bisa mendapatkan penglihatan lebih baik ketika menggunakan teknologi ini. Pasien melaporkan kualitas penglihatan yang lebih baik secara keseluruhan, terutama kemampuan mereka melihat dalam kondisi cahaya redup, seperti waktu senja atau malam hari.

Allegretto Wave
Selain Intralase yang berfungsi untuk membuat flap, sebagai pasangannya Jakarta Eye Center juga memiliki teknologi laser Allegretto Wave yang berfungsi mengubah bentuk kornea seseorang sehingga bisa kembali normal.
Allegreto Wave merupakan teknologi laser tercepat di dunia saat ini yang juga dilengkapi fitur Perfect Pulse yang secara akurat mengendalikan setiap tembakan laser sehingga selalu tepat sasaran. Dengan system pelacak mata yang super cepat dan sinar sorot yang kecil, Allegretto Wave didesain untuk menjaga bentuk alami tiap kornea selama prosedur dilakukan.
allegretto eye q1 LASIK
Mesin Lasik Allegretto yang dimiliki oleh Jakarta Eye Center Jakarta Eye Center, Pionir LASIK di Indonesia
Kualitas penglihatan merupakan perhatian utama dalam pengembangan Allegretto Wave. Dalam percobaan klinis FDA terhadap lebih dari 1000 pasien, tingkat kesilauan saat mengemudi di malam hari menjadi lebih baik setelah prosedur dengan teknologi ini. Tidak heran bila Allegretto Wave telah menjadi teknologi yang mencetak jumlah penjualan fantastis di seluruh dunia dalam beberapa tahun ini.
R Lasik1 LASIK
Jakarta Eye Center adalah pusat pelayanan kesehatan mata yang dipelopori oleh para dokter spesialis dan paramedis professional yang merupakan pionir bedah refraktif laser di Indonesia dengan metode PRK (Photorefractive Keratectomy) sejak tahun 1993. Pada tahun 1997 JEC memperkenalkan metoda LASIK, dan pada tahun 2001 melakukan prosedur wavefront guided LASIK pertama kali di Indonesia. Pengukuhan JEC sebagai pionir LASIK di Indonesia dilakukan oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) yang menganugerahi JEC sebagai penyandang gelar “Pusat LASIK Pertama di Indonesia“. Saat ini JEC telah melakukan lebih dari 22.000 prosedur LASIK.


Presby-LASIK :

Apakah penyebab rabun tua (Presbiopia)?

Bertambahnya usia seseorang khususnya pada usia diatas 40 tahun, lensa mata akan menebal, mengeras, dan menjadi tidak lentur. Hal ini yang menyebabkan terjadinya rabun tua atau biasa disebut dengan presbiopia dan akan terjadi pada semua manusia.
Orang dengan presbiopia akan kesulitan membaca sehingga orang harus memakai kacamata baca. Presbiopia disertai juga dengan kelainan refraksi lain yaitu hipermetropia.
Pada orang yang memiliki hipermetropia dan presbiopia akan tergantung sekali pada kacamata plus, baik untuk melihat jauh dan dekat.
Lasik yang diterapkan sejak tahun 1997 hanya mengoreksi untuk kelainan rabun jauh (miopia) sehingga mereka pada usia 40 tahun masih memerlukan kacamata baca.
Saat ini sudah terdapat teknologi yang mampu mengoreksi sekaligus untuk jarak jauh dan membaca yang disebut PresbyLASIK (PAC)

Bagaimana mengetahui gejala Presbiopia ?

  • Kesulitan dalam melihat objek jarak dekat
  • Kurang kontras ketika membaca huruf
  • Memerlukan pencahayaan lebih terang dan langsung sewaktu membaca
  • Bahan bacaan harus dipegang lebih jauh dari biasanya untuk dapat melihat dengan jelas.
  • Mengalami kelelahan atau pusing ketika melakukan pekerjaan yang membutuhkan penglihatan jarak dekat.

Apakah yang dimaksud dengan Presby LASIK (PAC)?

Presby LASIK/PAC adalah prosedur bedah excimer Lasik untuk mengatasi minus, silinder, dan presbiopia dalam satu prosedur.

Bagaimana cara kerja Presby LASIK?

Dalam menentukan pola penyinaran laser terhadap kornea pada prosedur Presby LASIK, kami menggunakan perangkat lunak Pseudo Accommodative Cornea (PAC).
pic pac 0121 LASIKpic pac21 LASIK
Kornea mata sebelum menjalani operasi | Kornea mata setelah menjalani operasi
Metode PAC (Pseudo Accomodative Cornea) pada Presby-LASIK
Setelah flap kornea dibuka kelengkungan kornea dibentuk ulang sesuai dengan ukuran yang diperlukan dalam mengatasi presbiopia. Bagian tengah kornea berfungsi untuk melihat objek pada jarak jauh, sedangkan kelengkungan pada bagian pinggir kornea dibentuk ulang sehingga dapat berfungsi untuk melihat jarak dekat secara jelas.

Apakah masih memerlukan kacamata baca ?

Berdasarkan pengalaman Jakarta Eye Center (JEC) keberhasilan mencapai 84,2%. Bila masih ada sisa ukuran kacamata dapat dilakukan laser ulang.
Laser ulang adalah tindakan yang ringan, yaitu dengan membuka kembali flap kornea lalu melakukan penambahan laser.

Apakah Presby LASIK bertahan lama?

Cukup lama, tergantung usia pada saat dilakukannya Presby LASIK.

Bagaimana dengan Efek Sampingan?

Efek samping yang biasa terjadi berupa mata terasa kering, hal ini bisa diatasi dengan obat tetes mata.
Ketidaktepatan hasil LASIK, kekurangannya masih dapat dilakukan Laser ulang.

Sifat Penglihatan setelah Presby LASIK :

Pada presbylasik (PAC) semua bayangan jauh dan dekat diproyeksikan pada retina. Otak kita akan memilih gambar yang paling kontras baik untuk melihat jauh maupun melihat dekat. Proses adaptasi untuk melihat jauh maupun dekat memerlukan waktu.
Nidek EC50001 LASIK
Mesin LASIK dengan kemampuan untuk Presby-LASIK yang dimiliki
Jakarta Eye Center ( NIDEK EC 5000 )

Metode lain bagi yang tidak dapat dilakukan tindakan LASIK, yaitu :

a. Implantasi Phakic IOL

Suatu prosedur pemasangan lensa implan bagi penderita gangguan refraksi yang tidak dapat diperbaiki penglihatannya melalui terapi LASIK dikarenakan minus yang terlalu tinggi.
Prosedur Implantasi Phakic IOL ini relatif aman, hanya memakan waktu sekitar 15 – 20 menit. Implantasi Phakic IOL dipasang diantara kornea dan iris. Pada prosedur ini lensa natural berada pada posisi semula dan berfungsi sebagai pengatur penglihatan jauh dan dekat.

b. RLE (Refractive Lens Exchange)

Suatu prosedur dengan mengganti lensa mata dengan lensa tanam yang tujuannya untuk memperbaiki penglihatan pasien.
Biasanya prosedur ini untuk keadaan refraksi yang sangat berat.
Prosedur ini memakan waktu 10 – 15 menit.
amir horiz 450X180 0111 LASIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.