Kamis, 23 Agustus 2012

Nutrisi untuk Kesehatan Mata »

Nutrisi untuk Kesehatan Mata »

Nutrisi untuk Kesehatan Mata
Kekurangan vitamin, mineral serta nutrisi yang penting bagi kesehatan mata dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti katarak dan degenerasi makula, yaitu menurunnya penglihatan akibat penuaan pada makula atau pusat retina sebagai pengatur ketajaman pandangan. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda sebagai berikut agar kondisi penglihatan tetap terjaga.
 
Beta-Carotene
Manfaat beta-carotene sebagai antioksidan bagi mata adalah mencegah terjadinya rabun senja dan mata kering. Ia juga berfungsi untuk menguatkan sel-sel mata sehingga terhindar dari bakteri dan virus. Anda bisa mendapatkan antioksidan ini pada wortel, kentang manis, bayam, dan kol.
 
Bioflavonoids
Fungsinya adalah mencegah katarak, glaukoma, dan penurunan fungsi retina khususnya bagi mereka yang berusia diatas 60 tahun. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti buah blueberry, stroberi, anggur merah, sayuran berwarna hijau, kacang kedelai dan juga teh. 
 
Omega-3
Omega-3 yang terdapat pada suplemen minyak ikan dan ikan seperti tuna dan salmon, dapat menangkal resiko glaukoma, sindrom mata kering serta degenerasi makula. Komponen yang terdapat dalam minyak ikan, dikenal dengan nama DHA adalah satu dari asam lemak omega-3 yang juga memiliki keuntungan bagi kesehatan lain. Dosis yang dianjurkan oleh dokter adalah 1000 mg per hari. 
 
Lutein dan Zeaxanthin
Dua antioksidan ini ditemukan dalam jagung, kuning telur, sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, buncis, daun selada, dan paprika kuning. Zat ini dapat mencegah kerusakan retina dan lensa. Sebuah studi bahkan menyatakan lutein dan zeaxanthin mampu melindungi sel darah dari kerusakan akibat sinar ultraviolet 10 kali lebih baik daripada vitamin E.
 
Selenium
Manfaat yang bisa diperoleh dari selenium jika dikombinasikan dengan vitamin C dan E adalah mengurangi resiko penurunan penglihatan di usia senja serta kekeringan pada mata. Sumbernya terdapat pada udang, kepiting, salmon, kacang-kacangan, dan beras merah. 
 
Vitamin A
Vitamin A telah terbukti sebagai vitamin yang sangat menunjang kesehatan mata sama halnya dengan beta-carotene. Selain wortel, vitamin ini banyak juga diperoleh pada daging sapi atau ayam, telur, minyak ikan cod, hati, susu dan mentega. 
 
Vitamin C
Kegunaannya sebagai antioksidan bagi sel-sel mata dapat Anda temui pada buah jeruk, stroberi, brokoli, jambu dan paprika. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin baik untuk mencegah dan penyembuhan penyakit katarak. 
 
Vitamin E
Selain baik untuk kulit, vitamin E dapat berfungsi menguatkan sel-sel retina yang melemah. Sumber vitamin E antara lain terdapat pada kacang hijau, biji bunga matahari, almond, hazelnuts, kacang tanah dan sayuran hijau. 
 
Zinc
Zinc atau seng dianggap berguna bagi penderita katarak tahap awal karena mampu menstimulasi sel-sel di lapisan paling luar lensa. Mineral ini juga membantu tubuh lebih efektif menyerap vitamin A. Daging merah, tiram, biji bunga matahari, labu, jamur, gandum, dan kacang-kacangan merupakan sumber zinc yang tinggi. Anda dapat juga mengkonsumsi suplemen zinc dalam batas 20 mg per hari. (TR)
 
Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !
http://www.optikmelawai.com/eye_info/nutrisi-untuk-kesehatan-mata/122/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar untuk kemajuan blog ini seterusnya.